Jumat, 20 Agustus 2010

Ikan Louhan

Katalog Ikan Hias




Ikan Lou han (bahasa Inggeris: Flowerhorn) dikatakan berasal dari negeri China. Luo han pertama kali muncul di Malaysia sekitar tahun 1996-1997. Pada ketika itu ia dipercayai daripada keturunan Amphilophus trimaculatus.

Setelah beberapa generasi, bentuk ikan ini berubah daripada induk asalnya. Selepas itu penternak ikan mula mengacuk ikan tersebut dengan Blood Parrot yang merupakan hibrid dari C. citrinellum X C. synspilum. Dari hasil kacukan silang inilah lahir baka Luo han yang dikenali masa kini.

Pada awalnya, hasil silangan tersebut tidak diterima secara meluas, tapi setelah dilakukan "penyempurnaan" maka terhasil bentuk dan corak warna yang disukai. Kemudian ikan tersebut diberi nama "Flowerhorn" atau "Luohan". Proses pemilihan dan kacukan terus berlangsung sehingga dihasilkan pelbagai jenis Luo Han dengan beraneka warna dan corak



          Ikan louhan bagi sebagian orang merupakan ikan pembawa Hoki. Bagi siapa saja yang memelihara dan memilikinya diyakini akan mendatangkan keberuntugan.Anggapan sebagai Ikan Hoki merupakan keyakinan yang tumbuh dan berkembang di kalangan masyarakat tertentu. Hoki disini diartikan dengan hanya mempunyai Louhan maka rejeki yang bersangkutan akan terus bertambah. NAmund emikian secara hitung-hitungan bsinispun sebenarnya ikan Louhan adalah suatu komoditas bisnis yang teramat sangat mejanjikan.Maka dari itu perlu diketahu bagaimana membudidayakan ikan louhan secara baik dan benar.
        • Aquarium untuk memelihara louhan
        Akuarium sebaiknya disesuaikan dengan dengan ukuran louhan sebagai perbandingan untuk louhan berukuran 40-50cm sebaiknya ukuran aquarium adalah 200x170x80cm. aquarium yang baik untuk louhan harus dilengkapi : Aerator dan filter, Heater,Tempat Persembunyian, Bebatuan, Tanaman Air dan pencahayaan yang cukup.
      • kiat memlih louhan
      Ciri-ciri Louhan berkualitas baik :
      - sirip atas bawah dan ekor seimbang 
      - Bintik hitam tegas dari pangkal ekor sampai insang
      - lingkaran warna perak keemasan metalik melingkari bintik hitam
      - Tampak bintik mutiara hampir di seluruh badan
      - warna dasar tubuy merah cerah dan kuning cerah
      - sirip dan ekor merekah melebar dan utuh
      - Nongnong di kepala tampak proporsional
      - Mata merah satu lingkaran penuh
    • Pakan untuk louhan
    Makanan alami dan makanan buatan. Makanan alami terdiri dari : Artemia, Kutu Air, Jentik Nyamuk, Cacing rambut dan Sutra, Cacing Darah, Cacing Tanahdan Udang.Makanan Buatan berupa pelet khusus Louhan dapat diberikan berselingan dengan cacing atau udang.
  • Mengatasi penyakit/hama
Penytakit yang sering menyerang Louhan adalah penyakit jamur, gejala yang tampak pada tubuh louhan adalah tubuh seperti diselimuti benang halus. Cara mengatasi penyakit ini adalah :
- Hindari Ikan terluka
- Merendam Lohan kedalam larutan Malachite Green Oxalat dengan perbandingan 3g untuk 1 kubik air.
Ikan direndam kurang lebih 30 menit
- setelah selsesai maka masukkan louhan kedalam aquarium yang telah dibersihkan dan dengan air baru.

1 komentar:

  1. info yg bermanfaat bgt boss...

    http://adhe-edogawa.blogspot.com/

    BalasHapus